MENARA EIFFEL
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave
Eiffel , Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur
terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara
ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun
2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di
dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki
tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional
bertingkat 81.
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889,
struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga
1930 ketikaChrysler
Building di New York City (319 m —
1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di
Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210
m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m —
738.36 kaki).
Menara Eiffel dari
wilayah sekitarnya.
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300
ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000
ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7
inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi terhadap
ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi
125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan
besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa
udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan
88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton
udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses
dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di
menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di
platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika
hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka
bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli
tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328
ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat
kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi
tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan
pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga
pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50
hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk
menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan
pada menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna
cat diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol
interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek
Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen
Sauvestre.
Menara Eiffel
dalam pembangunan bulan Juli 1888.
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889
sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel
sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal
1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya
aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana
Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk
Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian,
yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan
bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi
struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat
besar, untuk pencakar
langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat
tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati,
termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang
meninggal.
Pemandangan
Pembangunan Menara Eiffel: di tingkat pertama
Menara ini mendapat berbagai kritik dari
masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian
dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya
dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson
mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan
Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat,
membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius
berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam
yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini
meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang
membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika
ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris
dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai
bagian seni bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood menampilkan
pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya,
sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa
bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20
tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya
diserahkan kepadaKota Paris. Kota telah berencana
meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang
mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari
segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut
kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan
selama Pertempuran
Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
Melihat ke atas Menara Eiffel.
Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan
dengan bentuknya yang menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa
mencoba merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang,
tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai pembangun
jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan
membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus mencocokannya dengan tiupan
angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“
|
Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama
perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa
lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...)
akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan
memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara
keseluruhan.
|
”
|
—diterjemahkan
dari surat kabar Perancis Le Temps tanggal 14 Februari 1887
|
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan
dengan perhitungan matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini
telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan angin
dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada
waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara,
menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat
melawan angin.
Pemasangan
Sejak awal abad
ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an, sebuah kumpulan kabel
menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir diAvenue de Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan
transmitter gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio
bawah tanah permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga
sekarang.[rujukan?] Tanggal 20 November 1913, Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel
sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat Observasi Angkatan Laut Amerika
Serikat yang menggunakan antena di Arlington,
Virginia. Obyek transmisi untuk mengukur perbedaan garis bujur
antara Paris dan Washington, D.C.
Menara ini
memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m, 311
kaki, di atas permukaan
laut); dan Jules Verne, sebuah restoran gastronomis mahal di
tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007,
seorang koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk
menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian
275 meter, merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka
untuk umum.
Lift penumpang
dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan penarik yang
dijalankan oleh piston besar berkekuatan air. Ketika menaiki lengkungan, kabin
elevator naik sedikit, tapi dengan kejutan naik setiap beberapa detik, untuk
menjaga tingkatnya sejajar. Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk
umum dalam sebuah museum di satu dari empat pilar menara.
Peristiwa
·
10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi
menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan berikut—
“
|
Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang
pembangun berani Arsitektur modern
besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua
Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison.
|
”
|
·
Tahun 1902, menara ini tersambar petir (lihat foto di kanan). Puncak
setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi
menara segera diganti.
·
Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan
pengamatan energi pancar yang dipancarkan di atas
dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan
mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik.
·
Tanggal 4 Februari 1912, penjahit Austria Franz Reichelt tewas setelah melompat 60
meter dari dek pertama menara Eiffel denganparasut buatannya.
·
Tahun 1925, pelukis Victor Lustig "menjual" menara
ini sebagai besi tua.
·
Tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya
sebagai struktur tertinggi di dunia ketika Chrysler Building selesai
dibangun di New York
City.
·
Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan
untuk Citroën memenuhi tiga
dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu
itu.
·
Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift dipotong oleh orang
Perancis sehingga Adolf
Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk
memperbaikinya tidak mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara
Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini
terlalu besar sehingga tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh
yang kecil. Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan
bahwa Hitler menguasai Perancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Perancis mengukur
menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Perancis. Bulan
Agustus 1944, ketikaSekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan
Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris,
meruntuhkan menara bersama seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu.
Lift Menara bekerja normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.
·
Tahun 1957, antena radio ditambahkan di
puncaknya.
·
Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan
pondasi besinya dibongkar; dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue
di New
Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot,
bernama Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini
dibuat kembali dari 11.000 bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo
40 kaki (12 m).
·
Tanggal 31 Maret 1984, Robert Moriarty
menerbangkan sebuah Beechcraft
Bonanza melalui lengkungan bawah menara.
·
Dalam film aksi/petualangan James Bond tahun
1985 A View
to a Kill, Sir Roger Moore sebagai
James Bond mengejar May Day yang diperankan oleh aktris Grace Jones di atas
Menara Eiffel. Ia berparasut dari struktur itu untuk kabur. Video lagu tema
film, dinyanyikan oleh Duran Duran,
juga meliputi beberapa adegan band menyanyi di menara yang berbenturan dengan
adegan dari film. 20 tahun sebelumnya, film Bond Thunderball (1985)
memperlihatkan menara ketika Largo, diperankan Adolfo Celi, parkir di luar kantorSPECTRE di Paris.
·
Tanggal 14 Juli 1995, Hari Bastille,
pemusik sintesiser Perancis Jean Michel Jarre mempertunjukkan Konser Untuk Kepedulian di
menara atas bantuan UNESCO.
Konser gratis ini dikunjungi oleh 1.5 juta orang, memenuhi Champ-de-Mars. Konser tersebut menampilkan
efek lampu dan proyeksi di menara, dan kembang api raksasa di luar. 3 tahun
kemudian, ia kembali ketempat yang sama untuk acara musik lainnya, Electronic Night.
·
Pada Perayaan
Tahun Baru 2000, Menara Eiffel menyelenggarakan Perayaan
Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari keseluruhan panjang menara dalam
penampilan spektakuler. Sebuah pameran di atas cafeteria di tingkat pertama
juga merayakannya.
·
Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar berkekuatan tinggi dipasang di
menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah menjadi acara harian setiap malam.
Lampu suar di atas menara menjadikannya menara suar dalam langit malam Paris.
·
Menara ini menerima tamu ke 200.000.000 pada
tahun 2002.
·
Pukul 19:20 tanggal 22 Juli 2003, kebakaran terjadi di puncak menara pada
ruang persiapan penyiaran.
Keseluruhan menara dikosongkan; kebakaran dapat dikendalikan setelah 40 menit,
dan tidak ada laporan korban luka.
·
Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat
lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.
sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar