Selasa, 30 Oktober 2012

Pemasaran



1. Pengertian pasar dan pemasaran
          Pasar adalah adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Sedangkan pemasaran adalah semua kegiatan - kegiatan usaha yang diperlukan untuk mengakibatkan terjadinya pemindahan milik daripada barang-barang dan jasa dan untuk menyelenggarakan distribusi miliknya
2. Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
§  Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
§  Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
§  Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
§  Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
§  Pasar Lokal
§  Pasar Daerah
§  Pasar Nasional dan
§  Pasar Internasional

3. Konsep-konsep inti pemasaran
          Dasar pemikiran pemasaran berawal dari kebutuhan dan keinginan manusia. Manusia
membutuhkan makanan, udara, air, pakaian, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Lebih dari itu manusia menginginkan rekreasi, pendidikan dan jasajasa lainnya. Mereka memiliki preferensi yang kuat atas jenis dan merek tertentu dari barang dan jasa.
Adalah penting untuk membedakan kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia (human needs) adalah ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri.
Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia.
Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.
 
4. Manajemen pemasaran
          Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah bidang manajemen yang melakukan kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan menguntungkan pembeli sebagai sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :
1. Konsep pemasaran (the marketing concept)
Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan penilaian pasar yang menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yang diinginkan pasar secara lebih berdaya guna serta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yang menguntungkan memang menjadi tujuannya. Akan tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat dengan mendapat juga kepuasan dari konsumen.
2. Konsep penjualan ( the selling concept)
Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.
Adapun ruang lingkup kegiatan manajemen pemasaran meliputi :
1. Pembelian (buying).
2. Pemilihan (grading).
3. Pengangkutan (transportation).
4. Pembungkusan (packing)
5. Penggudangan (storage)
6. Pembelanjaan ( financing).
7. Periklanan (advertising).
8. Penjualan (Selling).

5. Bauran pemasaran
          pengertian Bauran Pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah:
Menurut William J. Stanton (1994 : 68):
"Marketing mix is the mix of a product, how it is this distributed and promoted and it's price. There four elements together must satisfy the needs of organizations target market and at the same time achieve its marketing objectives".
Artinya:
Bauran pemasaran adalah bauran dari produk, bagaimana mendistribusikan dan mempromosikan harganya. Empat elemen ini bersama-sama harus memuaskan kebutuhan target pasar organisasi dan pada waktu yang sama, mencapai sasaran pemasaran.

6. Tujuan sistem pemasaran
-Memperkenalkan Produk kepada Umum
- Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
- Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
- Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
- Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
- Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
- sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya

7. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran tujuan sistem pemasaran, memaksimumlan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga pokok barang. mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading pengumpulan informasi pasar pendeketan serba lembag. dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang. dll. pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen – elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga

Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/2088297-definisi-dan-fungsi-pemasaran/#ixzz2AqvWhBnK
http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1990277-konsep-inti-pemasaran-kebutuhan-keinginan/#ixzz2AqwwRf8d
http://id.shvoong.com/social-sciences/1995195-manajemen-pemasaran/#ixzz2Aqxnkb5K
http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2115033-bauran-pemasaran/#ixzz2AqycaTaW
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100606014210AADeVlI
http://adamfirdaus46.ngeblogs.com/2011/10/23/pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar